Menambahakan Aplikasi Pada Menu Klik Kanan Windows Desktop

Bagi pengguna aktif komputer / laptop, tentu masing-masing mempunya aplikasi favorit atau aplikasi yang paling sering dibuka. Jika begitu, tentu Anda akan menempatkan aplikasi tersebut di tempat yang mudah dan cepat dijangkau, misalnya pada taskbar, pin start menu, dll. Menambahkan shortcut di dekstop juga merupakan salah satu cara singkat agar sebuah aplikasi lebih mudah dan cepat dicapai. Namun, bagaimana jika Anda lebih suka membiarkan layar dekstop Anda tetap bersih dan menonaktifkan fitur shortcut di dekstop?

Jika Anda ingin layar dekstop Windows Anda tetap simpel dan rapi, Anda bisa menambahkan shortcut di tempat lain yang juga tidak kalah mudah untuk dijangkau, dengan cara menambah aplikasi pada menu klik kanan di dekstop Windows Anda.

menambah menu pada klik kanan windows

Cara Menambah Menu pada Klik Kanan Dekstop Windows

Untuk membuat aplikasi baru pada menu klik kanan di dekstop Windows, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Sebagai contoh, kali ini kita akan menambahkan shortcut untuk aplikasi Notepad pada menu klik kanan.

Buka registry editor Anda (Windows + R –> ketikkan ‘regedit’ –> Enter/OK). Setelah itu ikuti path berikut pada editor yang baru saja Anda buka:

HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell

HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell

Setelah itu, klik kanan pada Shell. Pilih New –> Key dan kemudian ketikkan nama aplikasi atau shortcut yang Anda inginkan (nama ini nanti akan muncul pada menu klik kanan di dekstop). Misalnya saja kali ini kita ketikkan nama ‘Notepad’.

menambah shortcut pada menu klik kanan windows

Selanjutnya, klik kanan kembali pada Notepad (aplikasi yang baru ditambahkan). Pilih New –> Key, dan buat key baru dengan nama ‘command’ (harus huruf kecil/lowercase semua).

aplikasi baru di menu klik kanan windows

Setelah langkah di atas, Anda memerlukan path dari aplikasi yang ingin di tambahkan. Cari file .exe dari aplikasi tersebut (biasanya terletak di Program Files), dan copy path-nya (copy as path). Caranya adalah seperti gambar di bawah ini:

mendapatkan path aplikasi

Setelah mendapatkan copy path file .exe yang diinginkan, selanjutnya kembali ke editor registry dan klik ‘command’. Pada kolom sebelah kanan, terdapat ‘(Default)’. Klik dua kali pada item tersebut dan paste path file .exe yang telah dicopy sebelumnya pada kolom ‘value data:’

menambahkan aplikasi pada menu klik kanan

Proses selesai. Klik OK dan restart komputer untuk melihat perubahannya. Klik kanan pada dekstop Windows Anda dan Anda akan menemukan aplikasi yang baru Anda tambahkan tersebut pada menu yang muncul. Pada contoh di atas, aplikasi ‘Notepad’ akan muncul pada menu klik kanan Windows Anda. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s