Cara Melindungi Agar Virus Dalam Flash Disk Tidak Menginfeksi Komputer Anda

Tentunya Kita telah mengetahui bahwa virus-virus dapat menularkan dirinya ke komputer-komputer lain dengan media flashdisk. Cara yang ampuh agar virus yang ada di flashdisk tersebut tidak dapat menularkan dirinya ke komputer lain kita diawali dengan terlebih dahulu mengetahui cara penularan virus lewat media flashdisk. Sebenarnya sangat simple, ketika flashdisk dicolokan ke dalam port usb, virus yang sedang berjalan tinggal men-copy dirinya sendiri ke dalam flashdisk, dan tidak lupa pula dengan membuat file autorun.inf yang letak file-nya kasat mata sehingga tidak dapat dilihat. File inilah yang akan kita edit agar virusnya tidak dapat menjalankan dirinya di komputer kita.

Cara yang pertama dengan mengedit secara manual dengan menggunakan notepad atau wordpad. Diasumsikan flashdisk kita yang telah dicolokan kedalam komputer (yang telah terinfeksi) beralamat F:\, maka kita akan mencoba membuka file F:\autorun.inf lalu enter. Lalu notepad akan terbuka secara otomatis dengan beberapa code di dalamnya, setelah itu kita tinggal mengedit code tersebut dengan memblock semua code tersebut (ctrl+a) lalu hapus (backspace atau del) lalu anda bisa membiarkannya kosong lalu tekan ctrl+s untuk men-savenya. Kita juga bisa menuliskan beberapa puisi indah tentang perdamaian didalamnya.

Bagaimana jika file tersebut memiliki attribute read-only ? yang jelas kita tidak dapat mengeditnya secara manual. Mari membahasnya secara bertahap :

1) buka aplikasi notepad (tempat dimana kita akan menulis code)

2) tuliskan code del /a:r f:\autorun.inf lalu tekan enter.

3) langkah selajutnya adalah tulis code echo ‘terserah tulisan apa’ >f:\autorun.inf&attrib +r f:\autorun.inf

4) lalu save file code tersebut dengan nama file terserah anda dan path-nya terserah anda juga, tetapi extension-nya harus .bat (harus “.bat”)

5) lalu jalankan file yang baru kita buat tersebut

6) buka explorer

7) pada bagian address tuliskan F:\autorun.inf, lalu tekan enter. Maka aplikasi notepad akan muncul lagi sambil menampilkan beberapa tulisan, tetapi yang ini jelas bukan code tadi.

Setelah beberapa step tadi, virus tidak dapat menjalankan dirinya di komputer lain ketika kita mencolokan flashdisk kita kedalam port usb-nya. Tetapi virus-virus dari komputer yang terinfeksi tersebut masih ada di dalam flashdisk. Itu adalah tugas anti-virus. disini hanya memberitahukan cara agar virus tidak berjalan ketika flashdisk kita dicolokan kedalam port usb pada komputer yang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s