Tugas RPL WEB (Perancangan Aplikasi Web )

BAB 5

PERANCANGAN APLIKASI WEB

Sebuah dokumen web atau dokumen hiperteks merupakan kumpulan halamn web yang dijadikan file komputer tunggal. Teknik dokumen web digambarkan sebagai aplikasi dari teknik rekayasa perangkat lunak untuk merancang dokumen web. Tujuan dari teknik dokumen web yaitu untuk menghasilkan sistem yang terstruktur, dapat dipelihara, dapat dimodifikasi dan mampu melakukan fungsi yang diharapakan. Walaupun demikian, proyek web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak tradisional di beberapa cara yang kritis yaitu :

1. Perancangan web bisa melibatkan sekumpulan ahli

2. Perancangan web melibatkan penagkapan dan pengorganisasian domain informasi  Dari beberapa latar belakang diatas, terdapat beberapa metodologi perancangan web yang masing-masing memiliki perbedaan. Metodologi itu yaitu :

a. Berbasis struktur  Penekananya ada pada keseluruhan struktur dari dokumen web dan termasuk di antaranya halaman yang disajikan oleh struktur tersebut.

b. Berbasis hubungan  Metode yang menganalisis hubungan antara komponen-komponen dari dokumen yang akan disesuaikan dengan perancangan.

c. Berbasis informasi  Metode ini lebih di pusatkan pada konten organisasi yang mempunyai hubungan antara dokumen web tersebut.  Sesuai dengan adanya metode-metode yang sekiranya dapat dijadikan acuan untuk melakukan perancangan web, disini juga terdapat beberapa pendekata-pendekata yang bertujuan untuk melakukan perbaikan pada metode yang ada. Pendekatan-pendekatan tersebut yaitu :

Pendekatan Struktur Informasi

Informasi dalam suatu perancangan web sangatlah penting. Dari hal ini, pengembang dapat melakukan dan mencari informasi yang ada mengenai konten-konten dokumen yang ada. Jika keputusan seorang pengembang sebuah dokumen web adalah memilih salah satu yang baik, perancangan yang kurang baik dari dokumen dapat dengan mudah menampilkan masalah.

Pendekatan Struktur Urutan

Kesederhanaan dari struktur informasi ini terletak pada urutanya. Struktur ini merupakan struktur yang paling mudah dari struktur untuk perancangan dan navigasi. Ada beberapa hal dalam pendekatan struktur urutan, yaitu :- Dapat lebih mudah di prediksi- Mempunyai model yang familier dan menyangkan- Mempunyai kelemahan yang sesuai dalam perancangan dokumen web- Tidak ada konten hubungan dalam pendekatan struktur ini.

Pendekatan Struktur Grid

Struktur grid merupakan struktur yang pertama dari struktur informasi yang multidimensional. Struktur ini dapat digunakan untuk menggambarkan hubungan yang lebih berarti di antara halaman-halaman dari pada struktur urutan.Sebagai contoh, struktur grid dapat menyediakan mekanisme untuk menyajikan hubungan kronologis di antara halaman-halaman dokumen hiperteks/web. Keunggulan struktur ini adalah adanya navigasi secara multidimensional dalam perancangan hiperteksnya.Dalam pengembanganya, struktur grid di integrasika dengan struktur pohon.tree. Penggunaan struktur pohon dalam perancangan dokumen web mengijinkan halaman untuk bisa disajikan dalam bentuk hierarki. Model yang dipakai dalam struktur pohon adalah model organisasi dengan kebanyakan pengguna yang familier dan nyaman. Struktur pohon adalah pembatasan cara dengan halaman yang dapat di tambahkan.

Pendekatan Struktur Web

Struktur yang paling ekspresif dalam perancangan web adalah struktur web.Dalam struktur ini, halaman dan tautan diorganisasikan di dlaam pola topologi yang paing baik untuk menggambarkan relasi dan alur navigasinya di dalam dokumen.

Pendekatan Struktur Campuran

Dalam perancangan web yang bebas dan kompleks, struktur campuran adalah pilihan tepat untuk dilaksanakan. Dengan adanya struktur ini,

Pendekatan Metodologi Manajemen relasi

Pendekatan ini disebut juga The Relatinship Manajement Methodology (RMM)yang pertama kali diusulkan oleh Tomas Isakowitz, Edward Stohr dan P.Balasubramanian. RMM merupakan hubungan entitas bedasarkan teknik. Pemodelan hubungan entitas adalah sebuah teknik analisis yang biasanya dikaitkan dengan perancangan basis data dan pemrograman berorientasi objek. Ketika diadopsi untuk teknik dokumen web, perbedaan utamnya terletak pada jenis dari entitas yang dimodelkan tersebut. Entitas adalah objek yang dimodelkan di dalam peran yang dimainkan di dalam sistem spesifik. Jika sistem adalah dokumen web, entitas adalah halaman yang disajikan di dalam halaman. Relasi adalah nama penghubung antara dua atau lenih entitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s